PERAN PENTING SEKOLAH DALAM MENCAPAI TUJUAN BELAJAR


Dalam menjalankan sebuah skema pendidikan, perlu adanya sebuah perencanaan serta evaluasi. Perencanaan didalam dunia pendidikan tidak terlepas dari upaya memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam tujuan tercapainya hasil belajar yang baik. Evaluasi pembelajaran juga penting untuk dilaksanakan, hal tersebut berkaitan dengan adanya perbaikan atas kesalahan-kesalahan yang seharusnya tidak terjadi saat kegiatan belajar dan mengajar berlangsung. Kedua hal tersebut tentunya, dapat memberikan sebuah peningkatan untuk mencapai tujuan belajar.

Salah satu rencana pembelajaran yaitu berkaitan dengan adanya pelaksanaan kegiatan belajar tambahan (Ekstrakulikuler). Pembelajaran Ekstrakurikuler dapat menjadi wadah untuk peserta didik dalam memunculkan minat dan bakat serta kecenderungan belajar. Lalu bagaimana pendapat peserta didik mengenai Sekolah yang menghidupkan Ekstrakurikuler?


"Sekolah yang menghidupkan Ekstrakurikuler dapat mengembangkan bakat yang ada didalam diri siswa dan dapat membuat siswa lebih aktif dalam melaksanakan kegiatan sekolah. Serta membuat siswa memiliki pengetahuan lebih luas dimana siswa mengenal hal-hal baru yang belum ia ketahui." Ujar beberapa siswa yang duduk di bangku kelas X-IPA.

Peran guru sangat berpengaruh besar terhadap kualitas pembelajaran dikelas. Strategi, metode serta teknik mengajar menjadi sesuatu yang crucial. Hidup tidaknya, aktif tidaknya serta tercapai nya suatu tujuan belajar sangat dipengaruhi dengan cara guru dalam mengajar.


Beberapa siswi mengatakan "Setiap guru harus memiliki jiwa psikolog agar dapat memahami karakter dan kekurangan setiap siswanya agar terhindar dari ketidakadilan dalam pembelajaran, dan setiap siswa juga harus memahami karakter setiap gurunya. Jadi dimana guru dan siswa memahami keinginan satu sama lain agar dapat menciptakan keharmonisan dalam pembelajaran".

Untuk mencapai hasil maksimal dalam proses belajar dan mengajar diperlukan kuantitas ilmu dari seorang pendidik serta kualitas minat dari peserta didik. Sedikit kesenjangan antara 2 hal tersebut akan memberikan pengaruh signifikan atas tercapainya suatu hasil pembelajaran.

Post a Comment

0 Comments